Monday, January 26, 2015

Arti Manajemen Dan Teori Manajemen

Posted by Blogger Name. Category:

Arti Dan Teori Manajemen 

Arti Manajemen 
1. Istilah
Manajemen - to manage - control - mengendalikan, menangani, atau mengelola (Indonesia), mengurus (Malaysia). Manajemen (management) - kata benda, arti: 
  • Pengelolaan, pengendalian, penanganan (managing).
  • Perlakuan secara terampil (skillfull treatment).
  • Gabungan A dan B adalah berhubungan dengan pengelolaan suatu perusahaan, rumah tangga, atau sesuatu bentuk kerjasama dalam mencapai suatu tujuan tertentu. Dus manajemen sebagai ilmu dan seni.
Management (Inggris) dari akar kata "manus" (tangan), berkaitan dengan managerie = berternak = sekumpulan binatang liar yang dikendalikan di dalam pagar = manage (Latin) = mansionaticum = pengelolaan rumah besar. 

2. Konsef 
  • Mendapatkan sesuatu melalui kerja orang lain (Management is getting things done through other people) - harus punya rasa tanggung jawab.
  • Pembuatan keputusan (Management is decision making).
  • Mempelajari bagaimana menciptakan effectiveness (doing the right thing / yang benar = strategi) secara efficient (doing the things right / dengan benar = taktik).

Teori Manajemen
1. Scientific Management (Teori insentif, tahun 1903)
Menurut Tokoh seoerti Taylor, Fayol, Gulick, Urwick adalah:
  • Focus pada produktivitas dan memudahkan pekerjaan
  • Perlu dikembangkan metode kerja dan standard kerja 
  • Muncul time and motion studi (studi gerak dan waktu dalam melaksanakan pekerjaan) prinsif-prinsif kerja
  • Setiap orang dalam organisasi (tinggi atau rendah), harus diberi perlengkapan kerja (yang standard) dan insentif yang tinggi agar hasil kerja berkualitas.
2. Teori hubungan manusia (Human relation, tahun 1930)

Menurut Tokoh seperti Follet, Mayo, Reothlisberger; sanggahan teori finansial - untuk meningkatkan produktivitas kerja, hubungan yang dinamis dan harmonis.

3. Behavior science (teori perilaku, tahun 1950)

Menurut Tokoh seperti Chester I Barnard dan Herbert Simon adalah gabungan dari teori insentif dan teori hubungan manusia (psikologi, sosiologi, ilmu politik dan ekonomi), focus pada prilaku kerja yang kooperatif dalam organisasi formal (works behavior in formal organizational), "produktivitas kerja individu akan membawa produktivitas kerja organisasi dan akan tergantung pada prilaku orang-orang dalam organisasi". prilaku orang akan tergantung pada kebutuhannya, untuk meningkatkan produktivitas organisasi, tingkatkan produktivitas individu, berikan insentif sesuai dengan tingkat kebutuhannya.


Sekian dulu dari saya semoga bermanfaat..
Salam Sukses.

0 komentar:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►